Teladan Tuhan Yesus Menurut Injil Matius dan Implementasinya Bagi Guru Kristen Masa Kini

Alfons Renaldo Tampenawas, Erna Ngala, Maria Taliwuna

Abstract


Abstract

This article uses a qualitative method with a literature studi approach that discusses the example of Jesus for Christian teachers based on the Gospel of Matthew. A Christian teacher has a responsibility in teaching. The example of Jesus is the basis for the Christian teacher’s life in teaching. This article aims to look at how Jesus taught and set the example in the Gospel of Matthew and how it applies to Christian teacher today. The results of this study indicate that Jesus lived His teachings and became an example or pattern for His disciples, so that this study is expected to become a basis for every Christian teacher today to love the life of Jesus Christ and make Jesus the main principle of exemplary.

Abstrak

Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur yang membahas keteladanan Yesus bagi guru Kristen berdasarkan Injil Matius. Seorang guru Kristen memiliki tanggungjawab dalam pengajarannya. Keteladanan Yesus menjadi dasar untuk kehidupan guru Kristen dalam hal pengajaran. Artikel ini bertujuan untuk melihat bagaiamana Yesus mengajar dan memberikan teladan di dalam injil Matius dan implementasinya bagi guru Kristen masa kini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Yesus menghidupi pengajaranNya serta menjadi teladan atau pola bagi murid-muridNya, sehingga kajian ini diharapkan bisa menjadi suatu landasan bagi setiap guru Kristen di masa kini untuk menghidupi kehidupan Yesus Kritus dan menjadikan Yesus sebagai prinsip utama keteladanan.



Keywords


Keteladanan, Yesus Kristus, Injil Matius, Guru Kristen

Full Text:

PDF

References


ALAKAMAN, M. T. (2018). YESUS SEBAGAI HAMBA Kajian Kristologi Dan Relevansinya Pada Pelayan Gereja Di Jemaat GPM Nehemia Sektor Petra. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi. https://doi.org/10.37196/kenosis.v1i1.20

Arifianto, Y. A., & Santo, J. C. (2020). Memahami Hukuman Salib dalam Perspektif Intertestamental sampai dengan Perjanjian Baru. Soteria: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani.

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics]. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(1), 1–14.

Drescher, J. M. (2008). Melakukan Buah Roh. BPK Gunung Mulia.

Duka, H. (2018). Peranan guru Kristen sebagai pembimbing dalam penanggulangan perkelahian kelompok di lingkungan SMP Kristen Makassar. Jurnal Saintech.

GEA, I. (2018). ALLAH MENJADI MANUSIA Sebuah Uraian Teologis. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi. https://doi.org/10.37196/kenosis.v2i2.37

Giawa, N. (2019). Serving Others : Keteladanan Pelayanan Yesus Kristus Berdasarkan Yohanes 13. Integritas : Jurnal Teologi.

Gintings, E. P. (2000). Firman Hidup. BPK Gunung Mulia.

GP, H. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini. ANDI.

Henry, J., & Thayer. (n.d.). A Greek-English Lexicon of the New Testaments. Grand Rapids, Michigan: Regency Reference Library.

Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). KAJIAN BIBLIKA MENGENAI PENDIDIKAN ANAK DAN HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 15–33.

Jr., B. M. N. (1997). Kamus Yunani - Indonesia. BPK Gunung Mulia.

Jr, D. C. A., & Nida, E. A. (2013). Pedoman Penafsiran Alkitab: Surat Petrus Yang Pertama.

KBBI Daring. (n.d.). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemdikbud. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Keriapy, F. (2020). Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural dalam Konteks Indonesia. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 82–93.

Leks, S. (2003). Tafsiran Injil Lukas. Kanisius.

Manullang, M. (2019). MISI DALAM MASYARAKAT MAJEMUK. Jurnal Teologi Cultivation, 3(2), 49–63.

Meninger, W. A. (1999). Menjadi Pribadi Utuh. Kanisius.

Mimery, N. (1999). Komentar Praktis Injil Sinoptis Matius-Markus-Lukas. Mimery Press.

Napel, H. T. (2006). Jalan Yang Lebih Utama Lagi. BPK Gunung Mulia.

Nee, W. (2019). Pengampunan Dosa dan Pengakuan Dosa. Yayasan Perpustakaan Injil Indonesia.

Nida, R. G. B. E. A. (2014). Pedoman Penafsir Alkitab Injil Markus. Lembaga Alkitab Indonesia dan Yayasan Kartidaya.

Non-Serano, J. B. (2009). Profesionalisme Guru dan Bingkai Materi Pendidikan Agama Kristen. Bina Media Informasi.

Oet, S. (2020). TELADAN PENDERITAAN TUHAN YESUS BERDASARKAN MATIUS 27: 32-44. Manna Rafflesia. https://doi.org/10.38091/man_raf.v4i1.81

Pa’indu, S., Sinaga, R., & Keriapy, F. (2020). Studi Kecerdasan Visual-Spasial Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Sentra Balok. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 78–91.

Prijanto, J. H. (2017). Panggilan Guru Kristen sebagai Wujud Amanat Agung Yesus Kristus dalam Penanaman Nilai Alkitabiah pada Era Digital. Jurnal Polyglot.

Prince, J. M. (n.d.). Yesus Guru Agung. Lembaga Literatur Baptis.

Rey, H. (2014). Menata Hati Serupa Kristus. Visi Anugerah Indonesia.

Sadono, S., & Sahartian, S. (2020). Paulus sebagai Teladan Pendidik Kristen Masa Kini. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 132–147.

Sahartian, S. (2018). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.15

Sembiring, J. (2020). Implementasi Pola Pemuridan Yesus Menurut Injil Matius. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta. https://doi.org/10.47167/kharis.v2i2.34

Sidjabat, B. S. (2010). Mengajar Secara Profesional. Kalam Hidup.

Siman Juntak, J. N. (2019). Pengaruh Pemahaman Panggilan Guru Kristen terhadap Pemberitaan Injil. EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i1.44

Soegiarto, S. (2012). Konsep Kasih Allah Menurut Choan-Seng Song dan Aplikasinya Terhadap Pelaksanaan Misi Gereja-Gereja di Indonesia. Veritas : Jurnal Teologi Dan Pelayanan. https://doi.org/10.36421/veritas.v13i2.262

Sriyati, S., & Nakamnanu, E. H. (2020). Peranan Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 14–28.

Sunarko, A. S. (2020). Implikasi Keteladanan Yesus sebagai Pengajar bagi Pendidikan Kristen yang Efektif di Masa Kini. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 118–131.

Tafonao, T. (2020). Yesus Sebagai Guru Teladan dalam Masyarkat Berdasarkan Perspektif Injil Matius. Khazanah Theologia. https://doi.org/10.15575/kt.v2i1.8390

Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9

Tong, S. (2011). Pengudusan Emosi. Momentum.

Umar, U. (2019). Pengantar Profesi Keguruan. Raja Grafindo Perseda.

Yusuf Eko Basuki. (2014). Kristen Pemenang, Meraih Kemenagan Iman dengan Strategi Tuhan. Garudhawaca.

Zaluchu, S. (2017). Penderitaan Kristus Sebagai Wujud Solidaritas Allah Kepada Manusia. DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani. https://doi.org/10.30648/dun.v2i1.129

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167




DOI: https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By:

                 JournalStories Main logo

Published by: Sekolah Tinggi Agama Kristen Terpadu Pesat Salatiga
Institution Website: http://stak-pesat.ac.id/
Address: RT09/RW01, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
e-jurnal Website: http://stak-pesat.ac.id/e-journal/index.php/edulead/index
e-ISSN: 2722-5658 p-ISSN: 2722-645X

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0). 

 

View My Stats